Traffic

CPX

PTP

DOWNLOAD KOLEKSI FILM KAMI

Thursday, January 21, 2010

Aliansi 30 Kampus Siap Duduki Istana

Oleh: Rovy Giovanie
Tak mendapat dukungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), sejumlah aktivis mahasiswa yang menghendaki pelengseran Presiden SBY tak patah arang. Awal Januari 2010 lalu, aktivis dari sekitar 30 perguruan tinggi se-Jabodetabek ini membentuk wadah baru. Biar terkesan besar, aktivis mahasiswa yang lebih lekat dengan kelompok merah ini menyebut diri sebagai ‘Aliansi 30 Kampus’.

“Alianisi 30 kampus ini terbentuk dari individu-individu saja. Dari hasil diskusi dengan teman-teman. Kami bukan perwakilan BEM,”ujar Okta, perwakilan dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) kepada Mimbar Politik, pekan lalu.
Dalam pertemuannya di kampus STIE & STIMK Jayakarta, Salemba Raya, Jakarta Pusat, 10 Januari 2010, mereka mengumandangkan tuntutan yang nyaris sama dengan sikap Petisi 28, yakni menjadikan tanggal 28 Januari 2010 sebagai deadline (batas waktu) SBY untuk turun dari kursi Presiden. "Ultimatum mahasiswa untuk SBY-Boediono, 100 hari skandal Century harus tuntas. Jika tidak, SBY-Boediono mundur," ujar Jubir Aliansi 30 Kampus, Anton Cornelo. Untuk mewujudkan target itu, menurut Anton, sekitar 10.000 massa aliansi ini bakal megepung dan menduduki Istana Negara dan Gedung DPR RI.
Anehnya, aliansi aktivis mahasiswa lintas kampus ini mencatut sejumlah organisasi induk mahasiswa sebagai bagian dari gerakan mereka, seperti HMI, PMII, PMKRI, IMM, GMKI, HMI MPO, dan beberapa lainnya. Tak hanya itu ormas besar seperti PBNU dan PP Muhammadiyah juga dicantumkan sebagai elemen gerakan ini. Tentu saja juga melibatkan sejumlah LSM seperti Kompak, Kontras, Jaman, dan sebagainya.