Traffic

CPX

PTP

DOWNLOAD KOLEKSI FILM KAMI

Wednesday, June 22, 2011

Saling Klaim Dukungan Jelang Muktamar PPP

Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan, Romahurmuziy menegaskan bahwa ada kemungkinan proses pemilihan ketua partai itu dilakukan secara aklamasi. Proses pemilihan itu dilakukan dalam muktamar yang digelar bulan depan.

Para peserta Kongres, lanjutnya, akan aklamasi menetapkan Suryadharma Ali sebagai Ketua Umum PPP. “Tanda-tanda ke arah situ ada,” kata Romy.

Menurut Romy, aklamasi bukanlah sesuatu yang jelek. "Karena aklamasi merupakan penjabaran dari nilai-nilai pancasila dan demokrasi, yaitu nilai permusyawaratan dan permufakatan," ucapnya.

Aklamasi lebih bernilai daripada keputusan yang diambil dengan voting. Karena aklamsi menunjukkan kesatuan hati dan kehendak bersama.

Saat ini, Romy melanjutkan, Suryadharma Ali telah mengantongi dukungan 30 wilayah dari 33 wilayah yang ada. Sebagian sebar dukungan telah diberikan lewat Musyawarah Kerja Wilayah di DPW PPP.

“Kalau dukungan lewat Muskerwil itu sifatnya konstitusional. Jadi konsekuensinya (dukungan) jelas,” ucap Romy. Dukungan tersebut, menurut Romy, tidak dengan intervensi maupun paksaan.

Adapun wilayah yang telah memberikan dukungan terhadap Suryadharma Ali antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat. “Ini terus berlangsung, tanpa intervensi,” kata Romy yang juga Ketua Komisi IV DPR ini.

Pesaing terberat Suryadharma Ali, Akhmad Muqowam juga mengaku sudah mendapatkan dukungan dari berbagai wilayah pemilihan. Dukungan, kata Muqowam, didapat setelah berkomunikasi langsung dengan pengurus PPP dari tingkat bawah hingga pengurus pusat. "Kalau secara langsung sudah ketemu sama 24 wilayah, dan cabang-cabangnya," ucap Muqowam.

Namun, Muqowam melihat ada suasana tidak sehat menjelang Muktamar PPP bulan depan. "Yang terjadi sekarang adalah penekanan, misalnya kalau kamu tidak memilih saya, saya cabut SK kamu. Cepat atau lambat saya yakin partai itu akan hancur. Secara tertulis sekitar 370 cabang," jelasnya.

Muktamar PPP yang akan memilih Ketua Umum PPP akan berlangsung bulan Juli. Selain Suryadharma dan Muqowam, muncul pula nama mantan Deputi Badan Intelijen Negara, Muchdi Purwopranjono sebagai kandidat Ketua Umum PPP. Muchdi yang baru 'loncat' dari Partai Gerindra ini mengajukan diri setelah yakin mengantongi suara PPP di wilayah timur Indonesia.